Pujiyanto, Mohammad Nur Kholis (2025) Studi Komparatif Karakter Siswa Yang Mukim Dan Non Mukim Di Smp Terpadu Pondok Pesantren Roudhotul Mubtadi’in Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121129_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121129_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121129_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembangunan karakter siswa dalam sistem pendidikan pesantren yang memiliki keunikan antara siswa mukim dan non mukim. Perbedaan lingkungan tempat tinggal diyakini memengaruhi perkembangan karakter siswa, khususnya dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan karakter antara siswa mukim dan non mukim di SMP Terpadu Roudhotul Mubtadi'in dilihat dari aspek kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian, serta faktor-faktor apa yang memengaruhi perbedaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan karakter siswa mukim dan non mukim dalam ketiga aspek tersebut sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya, sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan pendidikan karakter di lingkungan pesantren. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang di gunakan penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian Adapun Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, menarik Kesimpulan. Menarik kesimpulan berdasarkan pola, tema, dan hubungan yang ditemukan, serta memvalidasi data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mukim memiliki tingkat kedisiplinan dan kemandirian yang lebih tinggi karena pengaruh sistem pesantren yang ketat dan terstruktur, sedangkan siswa non mukim cenderung lebih bertanggung jawab dalam tugas sekolah namun kurang mandiri dalam urusan pribadi. Faktor lingkungan, sistem pendidikan, dan peran orang tua menjadi pembeda utama karakter kedua kelompok siswa ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Siswa, Mukim-Non Mukim, SMP Terpadu | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:22 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |