Manajemen Pelayanan Haji Dan Umrah Dalam Meningkatkan Kepuasan Jama’ah Haji Dan Umrah Pada Pt Biro Haji Umrah Madinah Iman Wisata (Miw) Batang

Huda, Muh. Mambaul (2025) Manajemen Pelayanan Haji Dan Umrah Dalam Meningkatkan Kepuasan Jama’ah Haji Dan Umrah Pada Pt Biro Haji Umrah Madinah Iman Wisata (Miw) Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3621067_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3621067_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3621067_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini adalah studi analisis untuk menerapkan fungsi manajemen pelayanan untuk meningkatkan kepuasan jamaah haji dan umroh di PT. Madinah Iman Wisata yang sesuai dengan (SOP) Standar Operating Procedure, penerapan fungsi manajemen pelayanan yang baik menjadi salah satu daya tarik jamaah untuk bisa bergabung di PT. Madinah Iman Wisata sehingga meningkatkan kepuasan jamaah, yang mengakibatkan adanya peningkatan jamaah haji dan umrah yang signifikan di setiap tahunnya. Fokus dalam penelitian ini ialah 1) fungsi manajemen pelayanan untuk meningkatkan kepuasan jamaah haji dan umroh di PT. Madinah Iman Wisata 2) Peningkatan kualitas pelayanan jamaah haji dan umrah di Madinah Iman Wisata. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpuulan data di lakkukan dengan 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data 3) verivikasi data, 4)penarikan kesimpulan. Pengujian kabsahan data di lakuukan dengan 1)perpanjangan pengamataan, 2) ketekunan pengamataan, 3) menggunakan bahan refrensi. Peneliti memperoleeh data wawancara dengan pimpinan Madinah Iman Wisata, karyawan Madinah Iman Wisata, pembimbing Madinah Iman Wisata, dan alumni jamaah Madinah Iman Wisata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan fungsi manajamen pelayanan untuk meningkatkan kepuasan jamaah haji dan umrah di Madinah Iman Wisata berjalan dengan baik terbukti dengan memiiliki perencanaan seperti: 1) pelayanan yang berkualitas, 2) pembinaan ibadah yang intensif, 3) perlindungan bagi jamaah, 4) penyediaan perlengkapan ibadah, dan 5) menyusun rencana kerja secara tyersetruktur seperti adanya rapat mingguan bulanan dan tahunan. adapun dalam penerapan fungsi manajemen terdapaat beberapa faktor pendukung yaitu, 1) PT. Madinah Iman Wisata memiliki letak geografis yang mendukung, 2) Promosi dan publikasi yang aktif, 3) memiliki sarana dan prasarana yang memadai, 4) memiliki banyak jaringan kemitraan,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArdiansyah, HanifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen Pelayanan, Kepuasan Jama’ah haji dan umrah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:54
Last Modified: 15 Jul 2025 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item