Peran alih kode dan campur kode dalam memudahkan pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal

Tutut, Irma Solikha (2020) Peran alih kode dan campur kode dalam memudahkan pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis tentang alih kode dan campur kode yang digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. Ingin mengetahui manfaat dan fungsi serta peranan Alih kode dan campur kode yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Arab di pondok pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal. Adapun fenomena alih kode dan campur kode adalah topik dari penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran alih kode dan campur kode dalam memudahkan pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal ? Bagaimana bentuk alih kode dan campur kode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran alih kode dan campur kode dalam memudahkan pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal dan untuk mengetahui bentuk alih kode dan campur kode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatannya adalah kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya adalah ustadz, pengurus dan santri. Teknik analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis interaktifyaitu mengamati objek penelitian dan menganalisis data terkait rumusan masalah. Hasil penelitian diperoleh dari data dari segi bentuk manfaat dan peranan alih kode dan campur kode. Dari hasil klasifikasi bentuk alih kode penggunaan bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar bahasa Arab bentuk yang sering digunakan Alih Kodeekstern (outer code switching) yaitu alih kode yang terjadi antar bahasa asli dengan bahasa asing, sedangkan bentuk data dari hasil klasifikasi campur kode bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar bahasa Arab bentuk yang sering muncul yaitu dari segi bentuk kata dan kalimat. Dari fungsi dan peranan alih kode dan campur dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal yaitu sebagai alat untuk mentransfer ilmu ustadz kepada santri, memberi kemudahan, kejelasan , serta pemahaman dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Campur Kode, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 09 Jun 2021 08:39
Last Modified: 10 Jun 2021 01:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item