Strategi Guru Dalam Pembelajaran Untuk Siswa ADHD (Attantion Deficit Hyperactivity Disorder) Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Jannah, Aini Mufidatul (2025) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Untuk Siswa ADHD (Attantion Deficit Hyperactivity Disorder) Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421034_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (654kB)
[img] Text
2421034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2421034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) seringkali menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran di sekolah. Mereka memiliki kesulitan dalam memusatkan perhatian, mengontrol impuls, dan mengatur aktivitas mereka. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang khusus dan efektif untuk membantu siswa ADHD mencapai potensi mereka. Berdasakan uraian latar belakang di atas peneliti menyusun rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menangani anak ADHD di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto? (2) Apa faktor penghambat guru dalam menangani anak ADHD pada kegiatan belajar mengajar di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto?. Dari rumusan masalah tersebut bertujuan untuk mengetahui hal sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam menangani anak ADHD di RA Muslimat Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.(2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat guru dalam menangani anak ADHD di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, observasi di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, serta dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi waktu. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto menggunakan strategi pembelajaran bermain sambil belajar karena strategi ini berhasil dalam meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa ADHD. Guru setiap harinya membebaskan anak dan menanyakan kegiatan apa yang ingin dilakukan anak. Biasanya guru menggunakan strategi seperti bermain puzzell untuk melatih fokus dan motorik anak, bernyanyi dalam pengenalan seperti hewan, angka dan lain-lain, sesekali guru juga mengajak anak untuk bermain diluar ruangan agar anak tidak merasa bosan ketika belajar. Namun, guru menghadapi beberapa hambatan dalam pembelajaran, seperti kesulitan mengelola perilaku siswa ADHD yang tidak bisa diam, tidak lancar berbicara, dan suka mengganggu teman. Selain itu, tidak adanya guru khusus untuk menangani siswa ADHD juga menjadi tantangan bagi guru. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa strategi pembelajaran bermain sambil belajar dapat menjadi salah satu alternatif untuk keberhasilan pembelajaran siswa ADHD di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi'in, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, ADHD, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:19
Last Modified: 15 Jul 2025 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item