Amalia, Nuny Rizqi (2025) Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Berbasis ICT pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121102_NUNY RIZQI AMALIA_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121102_NUNY RIZQI AMALIA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2121102_NUNY RIZQI AMALIA _LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju dan kompleks yang mengakibatkan banyak terjadinya perubahan termasuk proses pembelajaran. Namun, berdasarkan data kemendikbud pada tahun 2024 menunjukkan bahwa sebagian guru di Indonesia belum memenuhi standar kualifikasi, sebanyak 60% guru di Indonesia masih memiliki kemampuan terbatas dalam penggunaan ICT. Sejalan dengan ini, berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan menunjukkan bahwa guru-guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kajen masih perlu adanya peningkatan kompetensi pedagogik berbasis ICT melalui peran dan dukungan dari kepala sekolah Tujuan penelitian mendeskripsikan (1) bagaimana kompetensi pedagogik berbasis ICT pada guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? (2) bagaiamana peran kepala sekolah dalam meningkatan kompetensi pedagogik berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan (3) bagaimana peningkatan kompetensi pedagogik berbasis ICT pada guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan? Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode (1) observasi (2) wawancara dengan kepala sekolah, tiga guru pendidikan agama Islam, dan dua siswa (3) dokumentasi. Pengambilan data dilakukan di SMA Negeri 1 Kajen pada 2025 Hasil penelitian (1) kompetensi pedagogik berbasis ICT pada gurupendidikan agama Isam di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan berada dalam kondisi yang cukup baik. (2) peran kepala sekolah diantaranya melaksanakan edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. (3) adanya peningkatan kompetensi pedagogik berbasis ICT pada guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kajen terbukti dengan adanya integrasi pemanfaatan ICT dalam kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran kepala sekolah, kepemimpinan, kompetensi pedagogik, ICT, guru pendidikan agama Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:59 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |