Ayu, Adinda Sekar (2025) Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di TK Muslimat NU Mayangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421057_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421057_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2421057_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemandirian merupakan kemampuan untuk tidak bergantung pada orang lain dan mencerminkan sikap tanggung jawab. Tetapi , masih banyak anak yang belum bisa berpisah dengan ibunya saat bersekolah, ada juga anak yang belum bisa menyelesaikan tugasnya dengan mandiri, bahkan belum bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan mandiri. Guru memiliki peran sentral dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui metode pembiasaan, yaitu membentuk perilaku mandiri melalui kegiatan yang dilakukan secara berulang dan konsisten. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggali upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Muslimat NU Mayangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Muslimat NU Mayangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor yang menjadi penunjang dan kendala dalam proses menumbuhkan kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU Mayangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Muslimat NU Mayangan. Sumber data utama berasal dari guru kelas B dan kepala sekolah sebagai informan kunci. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya guru berupaya menumbuhkan kemandirian anak dengan cara membiasakan anak merapikan alat belajar dan bermain, mengambil keputusan sendiri, memakai dan melepas sepatu tanpa bantuan, serta bermain bersama teman. Faktor-faktor pendukung antara lain peran guru, lingkungan sekolah yang kondusif, kebiasaan di rumah, dan kegiatan pembiasaan yang menyenangkan dan rutin. Sedangkan kendala yang dihadapi meliputi pola asuh orang tua yang memanjakan dan perbedaan tingkat kecerdasan anak. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwasanya metode pembiasaan efektif dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini jika diterapkan secara konsisten dan mendapat dukungan dari semua pihak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Menumbuhkan Kemandirian, AUD, Metode Pembiasaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:32 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |