Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membimbing Anak Usia Dini Menghafal Do'a Studi Kasus Dukuh Babakan

Maharani, Marina Tri (2025) Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membimbing Anak Usia Dini Menghafal Do'a Studi Kasus Dukuh Babakan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420019_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420019_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3420019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi efektif antara orang tua dan anak usia dini dalam pembelajaran doa, khususnya doa-doa pendek yang menjadi bagian dari pendidikan agama sehari-hari. Pola komunikasi yang baik tidak hanya memengaruhi kemampuan anak dalam menghafal doa, tetapi juga membentuk kedekatan emosional antara orang tua dan anak. Dukuh Babakan sebagai wilayah religius menjadi menarik untuk diteliti karena memiliki kebiasaan menanamkan hafalan doa sejak dini dengan pendekatan komunikasi yang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi orang tua dalam membimbing anak usia dini menghafal doa, serta bagaimana peranan orang tua terhadap keberhasilan anak dalam menghafal doa-doa pendek. Kedua rumusan masalah tersebut menjadi fokus utama untuk memahami praktik pembelajaran doa harian dalam keluarga di Dukuh Babakan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam kepada orang tua dan guru ngaji setempat. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teori komunikasi interpersonal Paul Watzlawick sebagai landasan analisis interaksi komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menggunakan pola komunikasi fungsional melalui komunikasi verbal seperti pengulangan doa, instruksi lembut, dan penjelasan makna doa. Selain itu, komunikasi nonverbal berupa ekspresi wajah, sentuhan, dan pelukan turut mendukung proses hafalan anak. Peran aktif orang tua dalam membimbing dan memotivasi anak secara rutin menciptakan lingkungan belajar yang positif, sehingga anak usia dini dapat menghafal doa-doa pendek dengan baik dan menumbuhkan nilai keagamaan sejak dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrasetya, Dimas198911152020121006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Tua, Anak Usia Dini, Hafalan Do’a
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:45
Last Modified: 16 Jul 2025 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item