Rokhimah, Rokhimah (2025) Problematika Pembelajaran Qawaid Nahwu Pada Siswa Kelas Vii Mts Salafiyah Wonoyoso Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221067_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
2221067_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2221067_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rokhimah. 2025. Problematika pembelajaran Qawaid Nahwu kelas VII di MTs Salafiyah Wonoyoso Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Faliqul Isbah M.Pd. Pembelajaran Qawaid Nahwu (kaidah tata bahasa Arab) merupakan aspek terpenting dalam penguasaan dalam belajar bahasa Arab, terutama dilingkungan madrasah atau sekolah Islam. Namun dalam proses pembelajarannya, siswa yang belajar Qawaid Nahwu sering kali menghadapi berbagai kendala, khususnya ketika menggunakan kitab klasik seperti kitab Imrithi sebagai materi dan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika apa saja yang terjadi pada pembelajaran Qawaid Nahwu di kelas VII MTs Salafiyah Wonoyoso dan untuk mengetahui solusi mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang disimpulkan adalah: problematika pembelajaran yang terjadi di kelas VII MTs Salafiyah Wonoyoso yaitu problematika linguistik meliputi: kesulitan memahami I’rob, belum mahir membaca dan menulis teks bahasa Arab, serta belum menguasai kosa kata bahasa Arab. Sedangkan problematika non linguistik meliputi: latar belakang sekolah yang berbeda, rendahnya minat belajar, minimnya waktu belajar, serta mengantuk dan kurang memperhatikan pembelajaran. Adapun upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: memperhatikan materi, rajin menghafal kosa kata bahasa Arab, latihan menulis teks bahasa Arab serta bertanya kepada teman yang sudah paham.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problematika pembelajaran, Qawaid Nahwu | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:54 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |