Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Smpit Assalam Boarding School Pekalongan

Safinatunaja, Dhifa (2025) Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Smpit Assalam Boarding School Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121183_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121183_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121183_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

memahami dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, yang sangat penting dimiliki dalam lingkungan pendidikan berbasis asrama seperti di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Salah satu aktivitas utama yang menjadi ciri khas di lingkungan tersebut adalah kegiatan menghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini diyakini tidak hanya berdampak pada aspek spiritual, tetapi juga berpotensi memengaruhi kemampuan sosial siswa dalam berinteraksi. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan sosial siswa SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana intensitas kegiatan menghafal Al-Qur’an berpengaruh terhadap kecerdasan sosial siswa, khususnya dalam konteks lima dimensi kecerdasan sosial menurut Karl Albrecht, yaitu situational awareness, presence, honesty, charity, dan empathy. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Sampel berjumlah 32 siswa, yang dipilih melalui teknik simple random sampling dari populasi sebanyak 129 siswa.Instrumen penelitian menggunakan angket skala Likert yang terdiri dari 10 item untuk variabel intensitas menghafal Al-Qur’an dan 10 item untuk variabel kecerdasan sosial. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas, korelasi Pearson Product Moment, dan regresi linier sederhana melalui bantuan program IBM SPSS Statistic versi 24. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan sosial siswa. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,520 dengan p = 0,002 (p < 0,05), yang berarti semakin tinggi intensitas siswa dalam menghafal Al‑Qur’an, semakin tinggi pula kecerdasan sosial yang dimilikinya. Selain itu, hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y = 14,450 + 0,523X, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu poin dalam intensitas hafalan akan meningkatkan skor kecerdasan sosial siswa sebesar 0,523 poin. Nilai R² sebesar 0,271 mengindikasikan bahwa 27,1 persen variasi kecerdasan sosial siswa dapat dijelaskan oleh intensitas menghafal Al‑Qur’an, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Jadi, hasil penelitian ini membuktikan hipotesis Alternatif (Ha) yang diajukan peneliti bahwa “terdapat pengaruh positif antara intensitas menghafal Al – Qur’an dengan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMPIT Assalam Boarding School Pekalongan” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugroho, M. Kom., Dicky Anggriawan199303062022031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al – Qur’an, Kecerdasan Sosial, Karl Albrecht.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:05
Last Modified: 16 Jul 2025 07:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14415

Actions (login required)

View Item View Item