Problematika penguasaan mufradᾹt pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas viii Mts Ma’arif NU Sragi Pekalongan

Azizah, Aryani Fikrimatul (2020) Problematika penguasaan mufradᾹt pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas viii Mts Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufradāt mengalami kendala atau permasalahan dalam prakteknya. Masalah yang dihadapi adalah banyak siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam membaca, menulis kosakata bahasa Arab serta kurangnya minat siswa dalam menghafal mufradāt. Kesulitan ini dikarenakan perbedaan latar pendidikan sebelumnya. Kebanyakan siswa di MTs Ma’arif NU Sragi merupakan lulusan dari SD, yang tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Ma’arif NU Sragi, dan bagaimana solusi yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peniliti menggunakan analisi data model Miles dan Huberman, Miles dan Huberman membagi analisis data dalam penelitian kualitatif ke dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran mufradāt sebagai berikut:guru membacakan mufradāt dan siswa menirukan, siswa membaca bersama secara berulang-berulang dengan suara lantang, guru menyuruh siswa untuk menghafalkan 10 mufradāt dan diberi waktu 5- 10 menit, kemudian siswa di tunjuk untuk menyetorkan mufradāt yang telah dihafalkan. Adapun problematika penguasaan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab terdapat dua kategori yaitu problem lingusitik dan non linguistik. Problem linguistik sendiri adalah Kurang lancarnya siswa dalam membaca huruf Arab, siswa kesulitan dalam menerjemahkan mufradāt,kesulitan dalam menghafal mufradāt, dan siswa masih kesulitan untuk membedakan bentuk mufradāt mudzakar, muannas, mufrad, tasniyah dan jamak. Sedangkan untuk problem non lingusitik sendiri adalah adanya latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, minat dan motivasi, serta pembelajaran kurang kondusif. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problem tersebut, diantaranya : memberi motivasi,guru memberikan tugas kepada masing-masing siswa untuk menghafalkan minimal 10 mufradāt sebelum materi hiwar,memfasilitasi kamus bahasa Arab perpustakaandanmenggunakan media gambar serta tabel tashrif agar lebih menarik dan mempermudah siswa dalam belajar.Sedangkan solusi yang dilakukan siswa dalam mengatasi problematika penguasaanmufradāt yaitu:bertanya kepada gurudanbelajar mengartikan mufradāt yang menurut mereka sulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Mufradāt dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:01
Last Modified: 10 Jun 2021 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item