Adila, Citra (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Instagram @Dompetdhuafaorg Dalam Membangun Motivasi Bersedekah di Era Digital. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421120_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421120_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421120_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jumlah kasus hoaks dengan modus donasi tercatat lebih dari 20 kasus antara tahun 2022 dan 2023. Fenomena ini menunjukkan bahwa meskipun partisipasi masyarakat Indonesia dalam bersedekah melalui platform digital meningkat, masih banyak masyarakat yang rentan terhadap penipuan karena rendahnya literasi digital dan minimnya kepercayaan pada lembaga filantropi online. Di tengah situasi tersebut, Instagram @dompetdhuafaorg hadir sebagai platform filantropi yang tidak hanya mengedukasi, tetapi juga membangun motivasi bersedekah secara efektif melalui strategi komunikasi persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang digunakan akun Instagram @dompetdhuafaorg sebagai lembaga filantropi Islam dalam membangun motivasi bersedekah di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memanfaatkan teori komunikasi persuasif dari Melvin DeFleur dan Sandra J-Ball Rokeach, serta menggunakan metode analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi persuasif @dompetdhuafaorg menggunakan strategi komunikasi persuasif Melvin L.DeFleur dan Sandra J.Ball-Rokeach. Survei mini kuesioner kepada 21 followers aktif menunjukkan bahwa 61,9% responden merasa sangat termotivasi bersedekah, dan 33,3% menyatakan ada peningkatan motivasi setelah mengikuti akun tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi, Komunikasi Persuasif | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:20 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |