Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan

Faizuna, M Rusydan (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221086_M RUSYDAN FAIZUNA_COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2221086_M RUSYDAN FAIZUNA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
2221086_M RUSYDAN FAIZUNA_LAMPIRAN_CV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru profesional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Kompetensi guru yang terdiri dari pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian merupakan aspek yang saling melengkapi dan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Namun dalam penelitian ini, fokus diarahkan pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, karena kedua aspek tersebut dapat diamati langsung oleh siswa melalui proses pembelajaran di kelas. Guru yang menguasai materi pelajaran dan mampu mengelola pembelajaran secara efektif diharapkan mampu menciptakan proses belajar yang menyenangkan dan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan, terdapat kecenderungan bahwa siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik ketika dibimbing oleh guru dengan kompetensi tinggi. Maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penilaian siswa kelas IX bilingual terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru Bahasa Arab MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan, bagaimana tingkat prestasi belajar Bahasa Arab Siswa kelas IX bilingual, apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan professional terhadap prestasi belajar Bahasa Arab Siswa kelas IX bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan professional terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas IX bilingual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sampel penelitian berjumlah 55 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur penilaian siswa terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru dan dokumentasi nilai untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x dengan variabel y (t_hitung = 0,044045 lebih kecil dari t_tabel = 2,006). Hal ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor lain di luar kompetensi pedagogik dan professional guru kemungkinan lebih dominan dalam memengaruhi pencapaian akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik dan Profesional, Prestasi Belajar Siswa, MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:31
Last Modified: 16 Jul 2025 07:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item