Penerapan metode imlā’ pada pembelajaran mahārah kitābah di TPQ Al-Ikhsan Pandanarum Kabupaten Pekalongan.

Faula, Faizatul (2025) Penerapan metode imlā’ pada pembelajaran mahārah kitābah di TPQ Al-Ikhsan Pandanarum Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
22221020_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221020_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya penerapan metode imlā’ pada pembelajaran mahārah kitābah di TPQ Al-Ikhsan Pandanarum. Pelajaran bahasa Arab di TPQ Al-Ikhsan Pandanarum menggunakan metode Imlā’ yaitu salah satu metode sebagai alternatif yang mudah dan praktis untuk bisa mahir dalam menulis teks bahasa Arab. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui bagaimana penerapan metode imlā’ dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa desain kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Derajat Keteralihan (transferability), Kebergantungan (dependability), Kepastian (confirmability). Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwasanya metode imla’ dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya menulis teks Arab. Pada metode imla’ ini terdapat kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihannya mampu melatih keterampilan menulis dan mendengarkan serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Sedangkan kelemahan metode imla’ ini yakni monoton dan membosankan serta kesulitan dalam mengenal makharij al-huruf. Tahap perencanaan yang dilakukan menggunakan modul sebagai acuan tujuan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran metode imlā’ siswa berlangsung secara disiplin dan kondusif, dan dalam evaluasi yang dilakukan setiap pertemuan, menjadikan siswa tidak melupakan materi yang telah dipelajari sebelumnya hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode imlā’ pada pembelajaran mahārah kitābah di TPQ Al-Ikhsan Pandanarum Kabupaten Pekalongan ini telah berhasil dan evaluasi yang diterapkan sudah tepat serta sesuai dengan metode imlā’.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode, Imlā’
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:49
Last Modified: 16 Jul 2025 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item