Penggunaankitab kuning dalam pembelajarannahwupada siswa kelas xdi Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni kabupaten Pekalongan

Zakiyah, Nur (2020) Penggunaankitab kuning dalam pembelajarannahwupada siswa kelas xdi Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Nahwu merupakan salah satu cabang ilmu Bahasa Arab yang dipersepsikan sebagai pelajaran yang sulit dalam mempelajarinya. Hal ini sesuai anggapan para siswa kelas X di Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Alasannya karena pembelajaran nahwu di sekolah ini sekedar penyampaian materi oleh pengajar berdasarkan sumber buku tanpa adanya praktek. Semenjak Ust.Ali Sabilillah seorang guru pegampu nahwu baru di Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni merubahnya dengan menggunakan kitab kuning sebagai salah satu sumber pembelajarannya. Pembelajaran nahwu menjadi lebih baik lagi, yaitu siswa tidak hanya mendapatkan materi kemudian dihafalkan dan ditulis melalui jawaban soal tetapi juga mampu mengkaitkan antara materi dengan sebuah teks arab di kitab kuning, salah satunya adalah kitab kuning. Adapun kitab kuning yang digunakan oleh Pak Ali Sabilillah adalah kitab kuning Fathul Qorib. Meskipun kitab ini secara isi membahas tentang ilmu Fiqih tetapi dalam prakteknya diutamakan pembelajaran kaidah ilmu nahwu pada setiap kata atau kalimat yang tersusun dalam kitab agar para siswa bisa membacanya secara benar. Beliau merasa penggunaan kitab kuning sebagai salah satu cara dalam mempermudah pembelajaran ilmu nahwu agar siswa tidak hanya belajar secara teori tetapi bisa menerapkan langsung pada teks arab. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimana penggunaan kitab kuning dalam pembelajaran nahwu pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni? Apa saja kelebihan dan kekurangan terhadap penggunaan kitab kuning dalam pembelajaran nahwu pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Rifa’iyah Kedungwuni?. Metode Penelitian yang digunakan meliputi jenis dan pendekatan. Adapun jenisnya berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis yang digunkana adalah analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini adalah Proses pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab kuning sudah berjalan dengan baik karena sesuai dengan langkah- langkah yang ada pada teori yang sudah disebutkan penulis , yaitu guru melakukan tahapan- tahapan pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kelebihan dari penggunaan kitab kuning adalah memudahkan siswa dalam memahami materi dengan cepat. Adapun kekurangan dari penggunaan kitab kuning adalah latar pendidikan siswa yang beragam, dan kemampuan siswa yang berbeda- beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab Kuning, Nahwu, Pembelajaran Nahwu
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:47
Last Modified: 10 Jun 2021 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item