Eksplorasi Aspek Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kegiatan Seni Tari Di Paud Terpadu Annisa Pekajangan

Mustofia, Rahma (2025) Eksplorasi Aspek Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kegiatan Seni Tari Di Paud Terpadu Annisa Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421084_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2421084_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421084_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motorik kasar anak memang dapat diperoleh secara alami dengan membebaskan anak bermain, namun hal tersebut tidak dapat memaksimalkan perkembangan motorik kasar anak secara menyeluruh. Ada banyak hambatan dalam proses alami tersebut, karena pada dasarnya kegiatan bermain anak tidak menggunakan aturan main atau ketentuan dan intruksi tinggi untuk menguasai gerakan dalam permainan. Perkembangan motorik kasar anak sangatlah penting diperhatikan dan distimulasi sejak dini, karena hal tersebut berpengaruh pada aktivitas bermain anak. Oleh karena itu, membutuhkan kegiatan tambahan yang efektif untuk memaksimalkan perkembangan motorik kasar anak secara menyeluruh. Kegiatan yang menyenangkan, interaktif dan beragam serta memiliki aturan dan intruksi kuar dalam permainannya, sehingga anak akan tertarik dan melatih motorik kasar anak seperti kegiatan seni tari. Kegiatan seni tari merupakan kegiatan yang efektif untuk memaksimalkan perkembangan motorik kasar anak usia dini karena dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai gerakan yang dapat menstimulasi perkembangan motorik kasar anak secara menyeluruh seperti keseimbangan, koordinasi, kekuatan, kelincahan dan kecepatan gerak tubuh anak. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaiaman eksplorasi aspek motorik kasar anak usia dini pada kegiatan seni tari di PAUD Terpadu Annisa Pekajangan dan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat eksplorasi aspek motorik kasar anak usia dini pada kegiatan seni tari di PAUD Terpadu Annisa Pekajangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini menggunakan analisis data secara induktif yaitu mengamati fenomena yang diteliti, kemudian dipadukan dengan hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek motorik kasar anak usia dini dapat distimulasi secara maksimal dan menyeluruh dengan kegiatan seni tari. Aspek motorik kasar anak yang dapat distimulasi dengan kegiatan seni tari yaitu keseimbangan, koordinasi, kekuatan, kelincahan dan kecepatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas Setiaji199012022020121008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar, Seni Tari, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:41
Last Modified: 16 Jul 2025 08:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14483

Actions (login required)

View Item View Item