Anggraeni, Sintha (2025) Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Sifat-Sifat Wajib Allah Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 6 Msi 17 Pabean. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321107_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321107_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2321107_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Anggraeni, Sintha. 2025. Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pelajaran Akidah Akhlak Materi Sifat-Sifat Wajib Allah Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 6 MSI 17 Pabean. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dian Rif’iyati, M.S.I. Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu sarana penting dalam membentuk karakter dan pemahaman spiritual siswa sejak dini. Namun, dalam proses pelaksanaannya di kelas 6 MSI 17 Pabean, ditemukan permasalahan berupa rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, khususnya pada materi sifat-sifat wajib Allah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih didominasi oleh metode ceramah, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah langkah penerapan model Talking Stick dalam proses pembelajaran, mengetahui respon siswa terhadap model tersebut, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaannya. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Akhlak di tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas 6 MSI 17 Pabean yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Talking Stick dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa saat mengikuti permainan Talking Stick, keberanian dalam menjawab pertanyaan, serta
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Talking Stick, Akidah Akhlak, Sifat-Sifat Wajib Allah. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:22 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |