Akbar, Reza Adinul (2025) Pre-service teachers’ reflection on behavior management in their teaching practicum. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2519104_REZA ADINUL AKBAR_COVER_BAB I BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (965kB) |
|
|
Text
2519104_REZA ADINUL AKBAR_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2519104_REZA ADINUL AKBAR_LAMPIRAN_CV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
Abstract
Meskipun manajemen kelas telah dibahas dalam sejumlah penelitian, penelitian yang lebih mendalam tentang bagaimana guru mengelola perilaku siswa selama proses belajar mengajar di kelas masih diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana calon guru merefleksikan praktik mengajar mereka mengenai aspek manajemen perilaku yang mereka lakukan. Partisipan penelitian adalah tiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas di Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan wawancara Video-stimulated recall sebagai metode perolehan data. Temuan penelitian menunjukkan fitur manajemen perilaku yang digunakan oleh calon guru, misalnya penguatan positif, penguatan negatif, hukuman positif, dan hukuman negatif. Lebih jauh, melalui penggunaan fitur manajemen perilaku, calon guru memperoleh beberapa manfaat dari penyediaan fitur-fitur tersebut seperti memudahkan proses pembelajaran, mendisiplinkan siswa, menciptakan kelas yang kondusif, dan siswa yang lebih bertanggung jawab. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan manajemen perilaku sebagai metode pedagogis bermanfaat, terutama ketika calon guru sedang melakukan praktik mengajar dan perlu mengendalikan perilaku dan lingkungan siswa di kelas untuk membangun lingkungan belajar yang positif. Studi ini menyoroti pentingnya calon guru mempelajari manajemen perilaku secara menyeluruh sebelum memulai peran mereka sebagai guru dan menyarankan penelitian lebih lanjut tentang masa depan jangka panjang penerapan manajemen perilaku secara umum.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Teaching practicum, reflection, behavior management | ||||||||
| Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:55 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:22 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
