Maulaya, Khoirun Nabila Nimatul (2025) Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai Karakter Integritas Siswa Kelas Iv Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor Di Mis Samborejo 02 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2319149_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2319149_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2319149_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian peserta didik di tengah menurunnya moral dan meningkatnya perilaku negatif seperti kecurangan akademik, bullying, dan sikap individualis. Di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan, peneliti menemukan bahwa nilai-nilai moral siswa cenderung menurun, namun terdapat upaya dari guru untuk menanamkan karakter positif melalui integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran. Permainan seperti gobak sodor terbukti masih dimainkan siswa dan diajarkan dalam kurikulum, serta dimanfaatkan dalam program sekolah untuk menanamkan nilai-nilai seperti sportivitas, tanggung jawab, dan kerjasama. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraiakan maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana upaya guru kelas dalam menanamkan nilai karakter integritas siswa kelas IV melalui permainan tradisional gobak sodor yang diterapkan di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan?; 2.) Apa kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menanamkan nilai karakter integritas melalui permainan tradisional gobak sodor pada siswa kelas IV di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan? Adapun tujuan penelitiannya yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan upaya guru kelas dalam menanamkan nilai- nilai karakter melalui permainan tradisional yang diterapkan di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan. 2). Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menanamkan nilai karakter integritas melalui permainan tradisional gobak sodor pada siswa kelas IV di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan terhadap siswa kelas IV MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan permainan tradisional gobak sodor di MIS Samborejo 02 Tirto Pekalongan dapat menanamkan nilai karakter integritas pada siswa kelas IV. Upaya yang dilakukan yaitu dengan guru yang berperan sebagai fasilitator dengan mengawasi jalannya permainan dan memberikan contoh sikap yang diharapkan seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, konsistensi, keberanian mengakui kesalahan, dan kerja sama. Adapun kendala yang muncul seperti beberapa siswa kesulitan mengadaptasi nilai-nilai integritas kerja memiliki ambisi untuk menang. Untuk mengatasi kendala ini, Guru berupaya dengan diskusi reflektif dan bimbingan langsung, serta penguatan pemahaman siswa mengenai pentingnya nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Diskusi reflektif setelah permainan menjadikan siswa untuk mengevaluasi tindakan mereka dan belajar dari kesalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Integritas, Permainan Tradisional, Gobak Sodor. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |