Nabila, Ulfi (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223002 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50223002 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
50223002 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan langkah strategis dalam menghadirkan pembelajaran yang kontekstual dan berpusat pada peserta didik, khususnya dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana strategi Kurikulum Merdeka dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui pendekatan humanistik pada pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Meskipun Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan, kenyataannya masih terdapat kesenjangan antara konsep dan praktik di lapangan, khususnya dalam pemahaman guru terhadap literasi digital dan pendekatan humanistik, serta tantangan dalam menanamkan karakter akhlakul karimah kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana kebijakan dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui pendekatan humanistik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebijakan implementasi serta strategi yang digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan dilakukan melalui studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi sebagai teknik uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan implementasi Kurikulum Merdeka diterima positif oleh kepala sekolah, guru, dan pemangku kebijakan sekolah. Strategi pendekatan humanistik diimplementasikan melalui pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa, pendekatan personal, dan pembiasaan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, ditemukan sejumlah tantangan seperti minimnya kesadaran beribadah, kurangnya sopan santun, serta lemahnya rasa sosial siswa yang menjadi indikator perlunya peningkatan dalam pelaksanaan pendekatan humanistik secara konsisten. Kontribusi penelitian ini mencakup penguatan teori pendidikan Islam berbasis humanisme, serta menjadi rujukan praktis dalam menyusun strategi pembelajaran Aqidah Akhlak yang mampu membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila. Kebaruan (novelty) dari penelitian ini terletak pada fokus integratif antara Kurikulum Merdeka, pendekatan humanistik, dan pendidikan Aqidah Akhlak di lingkungan pendidikan Islam tingkat SMP
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pendekatan Humanistika, Profil Pelajar Pancasila. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:29 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |