Pengembangan Modul Matematika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Data dan Diagram

Bila, Almia Zalza (2025) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Data dan Diagram. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621014_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621014_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2621014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya minat belajar matematika siswa di MTs S Wonoyoso disebabkan oleh bahan ajar yang monoton, pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered learning), dan minimnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi. Pembelajaran konvensional dengan metode ceramah belum mengimplementasikan pendekatan scientific approach secara optimal membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dan cenderung menggunakan cara instan tanpa pemahaman konsep yang mendalam. Sehingga diperlukan solusi inovatif berupa pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterlibatan dan antusiasme siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis scientific approach pada materi data dan diagram kelas VII yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan spesifik dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana modul yang dikembangkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam memahami konsep data dan diagram. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis meliputi analisis permasalahan dan kebutuhan siswa, kurikulum, serta sarana prasarana. Tahap desain mencakup penetapan format modul dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap pengembangan melibatkan pembuatan modul menggunakan Microsoft Word dan Canva, kemudian divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Tahap implementasi dilakukan pada 34 siswa kelas VII dengan menggunakan angket minat belajar sebelum dan sesudah intervensi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis scientific approach memperoleh validasi sangat tinggi dengan rata-rata skor 87,5% dari validator ahli. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa kelompok kecil mencapai 78,83% dengan kategori praktis. Efektivitas modul terbukti melalui peningkatan minat belajar siswa yang signifikan dari rata-rata 87,47 menjadi 117,56 berdasarkan hasil paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Modul yang dikembangkan memuat tahapan scientific approach yang disajikan dalam bentuk aktivitas pembelajaran menarik, latihan soal kontekstual, dan tugas proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Matematika, Scientific Approach, Minat Belajar, Data Diagram, ADDIE
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:25
Last Modified: 17 Jul 2025 01:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item