Saputra, Riza Arlan (2025) Implementasi Bimbingan Klasikal Berbasis Islam Dalam Mengurangi Kenakalan Remaja Di SMAN 1 Paninggaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3520100_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (781kB) |
|
|
Text
3520100_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
3520100_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
Abstract
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang sering terjadi pada masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Bentuk kenakalan yang dilakukan siswa sangat beragam, mulai dari membolos, melanggar tata tertib sekolah, hingga perkelahian dan pelanggaran hukum. Permasalahan ini perlu segera ditangani agar tidak berkembang menjadi perilaku kriminal yang lebih serius. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui bimbingan klasikal berbasis Islam yang disampaikan oleh guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengembangkan diri sesuai dengan ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk kenakalan remaja di SMAN 1 Paninggaran? dan (2) Bagaimana implementasi bimbingan klasikal berbasis Islam dalam mengurangi kenakalan remaja di SMAN 1 Paninggaran? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja serta mengetahui implementasi bimbingan klasikal berbasis Islam dalam mengurangi kenakalan remaja di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenakalan remaja di SMAN 1 Paninggaran terbagi menjadi dua kategori, yaitu kenakalan yang bersifat amoral atau asosial dan kenakalan yang melanggar hukum. Upaya sekolah dalam mengatasi kenakalan tersebut dilakukan melalui implementasi bimbingan klasikal berbasis Islam yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu. Tahapan implementasi meliputi penyusunan program bimbingan, pelaksanaan program, dan evaluasi pelaksanaan. Bimbingan klasikal berbasis Islam terbukti membantu siswa dalam memahami nilai-nilai moral dan spiritual, serta mengurangi perilaku menyimpang di lingkungan sekolah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Klasikal, Kenakalan Remaja, Berbasis Islam | ||||||||
| Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 09:11 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 09:11 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
