Pengaruh Fitur Layanan, Keamanan, Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bsi Mobile Banking (Studi Kasus Pengguna BSI Mobile Banking Di Kabupaten Batang)

Sufa, Indah Faila (2025) Pengaruh Fitur Layanan, Keamanan, Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bsi Mobile Banking (Studi Kasus Pengguna BSI Mobile Banking Di Kabupaten Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221114_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221114_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya digitalisasi perbankan syariah di Indonesia dan tantangan dalam penggunaan aplikasi BSI Mobile Banking, terutama terkait fitur layanan, keamanan, dan kemudahan yang memengaruhi kepuasan nasabah. Meskipun jumlah nasabah BSI meningkat, kendala seperti maintenance berkala dan isu keamanan dapat menimbulkan ketidakpuasan. Tujuan penelitian adalah mengukur seberapa besar pengaruh fitur layanan, keamanan, dan kemudahan aplikasi BSI Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif survei dengan teknik purposive sampling terhadap pengguna BSI Mobile Banking yang telah bertransaksi minimal satu tahun. Data dikumpulkan melalui kuesioner online selama 23 hari dengan 100 responden yang valid. Analisis data mencakup uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas), serta regresi linier berganda untuk menguji pengaruh parsial dan simultan variabel independen (fitur layanan, keamanan, kemudahan) terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). Hasil menunjukkan bahwa secara parsial semua variabel berpengaruh signifikan: fitur layanan (β=0.536, t=3.374, p<0.05), keamanan (β=0.436, t=1.907, p<0.05), dan kemudahan (β=0.392, t=5.329, p<0.05) terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan, ketiga variabel menjelaskan 54% variansi kepuasan nasabah (adjusted R²=0.540, F signifikan). Dengan demikian, peningkatan fitur layanan, penguatan aspek keamanan, dan optimalisasi kemudahan penggunaan aplikasi sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pengguna BSI Mobile Banking di Kabupaten Batang. Implikasi penelitian mendorong bank untuk terus berinovasi, memperbaiki sistem, dan meminimalkan gangguan operasional agar tercipta pengalaman digital banking yang andal dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAwali, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BSI Mobile Banking, kepuasan nasabah, fitur layanan, keamanan, kemudahan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:30
Last Modified: 18 Jul 2025 01:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14577

Actions (login required)

View Item View Item