Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa DI MTs NU Tirto Pekalongan

Alamia, Maya (2025) Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa DI MTs NU Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121277_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (956kB)
[img] Text
2121277_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121277_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lingkungan fisik sekolah ialah faktor yang mampu memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran termasuk motivasi belajar siswa. Lingkungan fisik sekolah yang tidak nyaman menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa. Lingkungan belajar mempunyai dampak besar dalam membentuk karakter, sikap, dan kepribadian siswa, serta mendukung proses pembelajaran mereka. Sebagai faktor eksternal, lingkungan belajar mampu mempengaruhi respons siswa terhadap berbagai stimulus yang ada, Motivasi belajar ialah aspek utama dalam menetapkan keberhasilan siswa dalam proses pendidikan. Banyak faktor yang memengaruhi tingkat motivasi belajar, salah satunya yakni lingkungan fisik sekolah. Dengan rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa MTs NU Tirto Pekalongan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis survei melalui analisis regresi linear sederhana, serta pengolahan data memanfaatkan IBM SPSS Statistik versi 24. Teknik pengumpulan data melalui angket, obervasi lapangan, dokumnetasi dan diperkuat dengan wawancara. Dengan menggunkan Uji regresi linear sederhana, uji t, uji f, dan koefiensi determinasi. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasanya lingkungan fisik sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, pendekatan yang diterapkan pada studi ini yakni kuantitatif dengan Berdasarkan hasil pengolahan data, teridentifikasi nilai Thitung sebesar 6,834 dan TTabel sebesar 3,026. serta nilai signifikansi 0,05, Adapun kriteria pengujiannya ialah Thitung > Ttabel dan nilai signifikansi < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga mampu disimpulkan bahwasanya variabel lingkungan fisik sekolah (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar (Y). Dan hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini mengindikasikan bahwasanyasanya variabel lingkungan fisik sekolah memengaruhi sebesar 36,2% terhadap variabel motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnggraeni, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Lingkungan Fisik Sekolah, Motivasi Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:47
Last Modified: 18 Jul 2025 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

View Item View Item