Anggreani, Luvika Pursila (2025) UPAYA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 4 DI MI NURUL HIKMAH GAPURA KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321079_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321079_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321079_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
Abstract
Mata pelajaran Fiqih sering dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian siswa, sehingga minat dan motivasi belajar cenderung rendah. Kondisi ini menuntut guru untuk memiliki strategi khusus agar pembelajaran tetap menarik dan bermakna. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif. Di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, pembelajaran Fiqih kelas IV menarik untuk diteliti karena menunjukkan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan belajar. Hal ini menjadi dasar untuk mengkaji bagaimana peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Fiqih di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan strategi peningkatan motivasi tersebut. Dengan mengetahui kedua aspek tersebut, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi guru dan pihak madrasah dalam memperbaiki kualitas pembelajaran Fiqih secara umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala madrasah, guru Fiqih, dan siswa kelas IV, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang relevan. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri atas tiga tahap: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh gambaran yang mendalam dan akurat mengenai strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, seperti memberikan pujian, hadiah kecil, motivasi langsung, serta penjelasan ulang dengan bahasa sederhana. Guru juga menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan media menarik, serta mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukungnya meliputi kondisi siswa, kompetensi guru, metode yang menarik, dukungan orang tua, dan fasilitas belajar. Sementara itu, faktor penghambatnya mencakup perbedaan kemampuan siswa, suasana kelas yang kurang nyaman, keterbatasan waktu, serta latar belakang keluarga siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Fiqih. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:39 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |