Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Tarik Calon Jamaah Umroh Pt. Almujtaba Utama Wisata Pekalongan

Puspita, Yola (2025) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Tarik Calon Jamaah Umroh Pt. Almujtaba Utama Wisata Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3621034_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (966kB)
[img] Text
3621034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3621034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang akan ditetapkan secara maksimal agar menjalankannya sesuai dengan target. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk umrah dalam meningkatkan daya tarik calon jamaah PT. Almujtaba Utama Wisata kedua untuk mengetahui hasil dari tingkat keberhasilan (efektivitas) strategi pemasaran untuk meningkatkan daya tarik calon jamaah umrah PT. Almujtaba Utama Wisata. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, data-data dalam penlitian ini merupakan data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi langsung dengan pihak PT. Almujtaba Utama Wisata. Data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui jawaban atas inti dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk umroh dalam meningkatkan jumlah jamaah PT. Almujtaba Utama Wisata adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7p meliputi yang meliputi produk (product) yang ditawarkan berkualitas, harga (price) yang ditawarkan bervariasi dan dapat dijangkau, promosi (promotion) yang digunakan online dan offline, tempat (place) yang mudah dijangkau, orang (people) karyawan di PT. Almujtaba Utama Wisata yang ramah sehingga konsumen merasa nyaman, proses (process) yang dilakukan mulai dari mengatur jadwal selama di tanah suci dari keberangkatan sampai dengan kepulangan, dan bukti fisik (physical evidence) berupa kantor yang sederhana, perlengapan calon jamaah dan dokumentasi. Adapun tingkat keberhasilan (efektivitas) strategi pemasaran biro umroh dalam meningkatkan daya tarik calon jamaah umroh pada PT. Almujtaba Utama Wisata yaitu melihat antara pra dan pasca dimana membandingkan awal perusahaan berdiri hingga saat ini. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan beberapa temuan bahwa PT. Almujtaba Utama Wisata dalam merancang strategi yang efektif menggunakan pemasaran offline dan online serta pembaruan produk umroh yang ditawarkan semakin banyak pilihannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Umrah, dalam Meningkatkan Jamaah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:38
Last Modified: 18 Jul 2025 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item