Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Jurusan Teknik Elektronika Di Smk Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan

Husna, Alya Safira (2025) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Jurusan Teknik Elektronika Di Smk Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121019__Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121019__Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121019__Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan pembelajaran bertujuan membentuk watak, pengetahuan, sikap, dan kebiasaan untuk meningkatkan kualitas hidup peserta didik. Oleh karena itu, pembelajaran harus memberdayakan semua potensi mereka agar menguasai kompetensi yang diharapkan. Pendidikan Agama Islam berperan penting tidak hanya memberi pengetahuan, tetapi juga menanamkan perilaku baik, memupuk kedewasaan, kemampuan merencanakan masa depan, dan membuat peserta didik menjadi manusia yang lebih baik. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah berupa (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Jurusa Elektronika di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan . (2) Apa saja faktor yang menghambat dan mendukung implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa jurusan elektronika di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk memperoleh pemahaman mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Kajen berhasil membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui perencanaan matang, pelaksanaan sesuai RPP dengan pembiasaan tadarus, pengecekan kerapian, penyampaian materi, pemberian motivasi, serta evaluasi kuantitatif dan kualitatif. Faktor pendukungnya adalah minat siswa, fasilitas sekolah, dan pembinaan guru, sedangkan faktor penghambatnya berasal dari lingkungan dan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, M.Pd., M.Ag, Dr. Muhammad197504112009121002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran PAI,Karakter Disiplin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:05
Last Modified: 17 Jul 2025 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item