Implementasi pembelajaran tahfiz al-qur’andi SD IT Ulul Albab Pekalongan

Rishendra, Muhamad (2020) Implementasi pembelajaran tahfiz al-qur’andi SD IT Ulul Albab Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan guru untuk menghafal, menjaga dan memelihara kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepadaNabi Muhammad Saw diluar kepala agar tidak terjadi kelupaan dan perubahan secara sebagian atau keseluruhan. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran taḥfiẓal-Qur’andi Sekolah Dasar Islam TerpaduUlul Albab Pekalongan?,Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfiẓal-Qur’an di Sekolah DasarIslam Terpadu Ulul Albab Pekalongan?.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tahfiẓ al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ulul Albab Pekalongan dan untuk mengetahui apa factor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfiẓ Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ulul Albab Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskiptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis,menunjukan bahwa implementasi pembelajaran taḥfiẓ al-Qur’andi Sekolah DasarIslam Terpadu Ulul Albab Pekalongan yaitu dengan target menghafal juz 30 dan 29 yang meliputi setoran ayat, tes kenaikan surat,UTS/UAS dan Sidang Komprehensif. Metode yang digunakan yaitu metode taqrir, metode talaqqi,metode mandiri, dan metode talqin musyafah.Adapun factor pendukung nya yaitu visi dan misi, guru dan dukungan dari orang. Sedangkan factor penghambatnya yaitu tingkat kecerdasan dan rasa malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PembelajaranTaḥfiẓAl-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:46
Last Modified: 11 Jun 2021 03:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item