Implementasi Pembelajaran Berbasis Tpack (Technological Pedagogical Content Knowledge) (Studi Kasus: Mi Islamiyah Degayu 02 Pekalongan)

Kholiq, Imam Nur (2025) Implementasi Pembelajaran Berbasis Tpack (Technological Pedagogical Content Knowledge) (Studi Kasus: Mi Islamiyah Degayu 02 Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319074_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319074_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2319074_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) di MI Islamiyah Degayu 02 Pekalongan, dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, manfaat dan hambatan pembelajaran. TPACK merupakan kerangka kerja integratif antara pengetahuan konten, pedagogik, dan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan guru kelas IV, serta didukung oleh data siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengintegrasikan ketiga komponen utama TPACK secara sistematis dalam penyusunan rencana pembelajaran, menggunakan berbagai media teknologi seperti video, PowerPoint, dan aplikasi kuis daring dalam pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan untuk menilai efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun terdapat kendala sarana teknologi, guru tetap berupaya mengoptimalkan sumber daya yang ada. Keselarasan antara teknologi, pedagogi, dan konten terbukti meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa dan menjadikan pembelajaran lebih relevan dengan kebutuhan abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TPACK, pembelajaran berbasis teknologi, guru MI, evaluasi pembelajaran, pendidikan abad 21.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:09
Last Modified: 17 Jul 2025 04:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item View Item