Analisis Konten Video Tiktok Perspektif Pemasaran Syariah

Fauzan, Taqwa (2025) Analisis Konten Video Tiktok Perspektif Pemasaran Syariah. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid.

[img] Text
4121063_Cover Sd Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4121063_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121063_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TAQWA FAUZAN. Analisis Konten Video Tiktok Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Pada Dimsum Sekawan). Dimsum Sekawan, sebuah UMKM kuliner di Pekalongan, berhasil bangkit dari kegagalan awal dengan menghadirkan konsep usaha yang lebih modern melalui sistem kemitraan. Kini, usaha ini telah memiliki 14 mitra yang tersebar di Pekalongan, Tegal, dan Tangerang. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran media sosial, khususnya TikTok, sebagai sarana promosi melalui konten video pendek yang kreatif dan informatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam strategi pemasaran Dimsum Sekawan melalui TikTok dan mengkaitkannya dengan prinsip-prinsip syariah dalam pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode penelitian lapangan. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan pemilik Dimsum Sekawan, mitra, serta karyawan divisi konten sebagai informan. Data sekunder dikumpulkan dari buku, jurnal, dan sumber daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dimsum Sekawan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup produk (beragam varian dimsum dan pangsit), harga (sedikit lebih tinggi dibandingkan kompetitor demi menjaga kualitas), distribusi (menggunakan sistem kemitraan untuk memperluas jangkauan), dan promosi (mengoptimalkan media sosial seperti Instagram dan TikTok melalui konten harian, live streaming, dan kolaborasi dengan influencer); (2) Pemanfaatan TikTok sebagai media pemasaran dengan konten yang variatif dan informatif terbukti meningkatkan omzet hingga mencapai Rp400 juta pada bulan Ramadhan; (3) Strategi pemasaran melalui TikTok selaras dengan prinsip syariah, yang tercermin dari kejujuran dalam penyampaian informasi produk, pemilihan konten yang sesuai dengan target audiens, penggunaan influencer untuk membangun kepercayaan konsumen, proses produksi yang higienis dengan pekerja menggunakan penutup kepala dan sarung tangan, pemilihan bahan baku halal terverifikasi, serta penyediaan saluran pengaduan untuk menangani keluhan pelanggan. Kata Kunci: Dimsum Sekawan, Strategi Pemasaran, Konten Tiktok

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawati, FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dimsum Sekawan, Strategi Pemasaran, Konten Tiktok
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:31
Last Modified: 18 Jul 2025 03:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item