Pelaksanaan bimbingan penyuluhan Islam dalam mengembangkan Kemandirian belajar Siswa Kelas VIII A di Mts Agung Alim Blado Kabupaten Batang

Sirojudin, Mahfudz (2019) Pelaksanaan bimbingan penyuluhan Islam dalam mengembangkan Kemandirian belajar Siswa Kelas VIII A di Mts Agung Alim Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa sangat penting di tumbuhkan di dalam diri siswa agar menunjukan perkembangan potensi kepada siswa. Mandiri merupakan suatu suasana dimana seseorang mau dan mampu mewujudkan kehendak dirinya yang terlihat dalam perbuatan nyata untuk menghasilkan suatu demi kebutuhan hidupnya. MTs Agung Alim Blado Kabupaten Batang khususnya siswa kelas VIII A belum sepenuhnya memiliki nilai kemandirian hal ini dapat dilihat dari permasalahan yang nampak di kelas, diantaranya siswa kurang percaya diri, kurang yakin pada kemampuan dirinya sendiri, kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru kelas dan kurangnya keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar, pada saat pembelajaran barlangsung sebagian siswa tidak memperhatikan guru. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VIII A di MTs Agung Alim Blado Kabupaten Batang?. Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas VIII A di MTs Agung Alim Blado Kabupaten Batang?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu suatu metode penelitian dengan cara melihat gambaran secara langsung atau tempat yang diteliti. Metode kualitatif yang dipakai penulis adalah pendekatan psikologi yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Dengan lokasi penelitian di Mts Agung Alim Blado. Jadi hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII A di MTs Agung Alim Blado Kabupaten Batang masih masih ada harapan untuk perbaikan kemandirian belajar karena siswa selalu menjadikan tingkah laku guru sebagai panutan sumber belajar yang paling dekat. Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII A di MTs Agung Alim Blado menggunakan metode klasik dan konseling individu digunakan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dialami siswa terutama masalah kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Penyuluhan Islam, Kemandirian Belajar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 28 Apr 2020 06:51
Last Modified: 08 Jul 2020 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item