Strategi Penerapan Marketing Mix Guna Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Pendidikan Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus KSPPS BT Tazakka Bojong)

Arina, Dewi (2025) Strategi Penerapan Marketing Mix Guna Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Pendidikan Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus KSPPS BT Tazakka Bojong). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221021_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4221021_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran pemasaran 7P dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk Simpanan Pendidikan di KSPPS BT Tazakka Pekalongan. KSPPS ini merupakan Lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan simpan pinjam dan pembiayaan berbasis prinsip-prinsip Syariah. Simpanan Pendidikan hadir dan dirancang khusus untuk membantu masyarakat dalam merencanakan dan mempersiapkan biaya Pendidikan anak. Namun, jumlah anggota produk ini masih tergolong rendah dibandingkan produk simpanan lainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Datanya diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pengelola dan anggota KSPPS BT Tazakka Bojong. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep strategi pemasaran 7P yang meliputi product, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Selain itu penelitian ini juga menganalisis factor-faktor yang mendorong dan menghambat strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS BT Tazakka Bojong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang efektif melibatkan pendekatan personal kepada anggota, edukasi tentang pentingnya perencanaan Pendidikan dan promosi melalui kegiatan kemasyarakatan. Temuan ini merekomendasikan agar KSPPS BT Tazakka Bojong lebih aktif dalam inovasi produk dan penguatan kapasitas SDM pemasaran untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRismawati, Shinta DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Simpanan Pendidikan, KSPPS BT Tazakka Bojong
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:03
Last Modified: 17 Jul 2025 08:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item