Rahmatika, Dini Kamila (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Mahārah Al Istimā’ Aplikasi “MahaRa” Berbasis Adobe Animate CC Siswa Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2220021_COVER_BAB I dan BAB V.pdf Download (847kB) |
![]() |
Text
2220021_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2220021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan media pembelajaran mahārah al istimā’ aplikasi “MahaRa” berbasis Adobe Animate CC untuk siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Penelitian ini didasari dengan masalah yang dialami siswa dan guru ketika pembelajaran mahārah al istimā’, dari masalah tersebut muncul kebutuhan media yang dapat membantu jalannya pembelajaran mahārah al istimā’ lebih efektif. Berdasarkan masalah dan kebutuhan di lapangan, muncul rumusan masalah sebagai berikut; 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran mahārah al istimā’ aplikasi “MahaRa”? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran mahārah al istimā’ aplikasi “MahaRa”? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran mahārah al istimā’ aplikasi “MahaRa”?. Model pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu; Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang dengan subjek penelitian 30 siswa di kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentatif untuk data uji validitas, analisis gain score untuk data uji efektivitas, dan analisis dekriptif kualitiatif untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media aplikasi “MahaRa” mendapatkan penilaian uji kelayakan dari ahli media dengan presentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli materi dengan presentase sebesar 97,3% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon siswa mendapatkan penilaian dengan presentase sebesar 80% dengan kategori “Layak”. Untuk uji efektivitas penggunaan media aplikasi “MahaRa” mendapatkan nilai g_ave= 0,675 dengan kategori “Medium-g” atau “Cukup Efektif” digunakan di pembelajaran Mahārah Al Istimā’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mahārah Al Istimā’, Media Pembelajaran, Adobe Animate CC. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:15 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |