Problematika dan strategi guru dalammeningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Salafiyah Waru Lor Wiradesa

Aisyiyah, Nasyiatul (2020) Problematika dan strategi guru dalammeningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Salafiyah Waru Lor Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Problematika merupakan faktor yang dapat menghambat jalannya suatu kegiatan yang hendak dicapai.Agar tujuan sesuai dengan harapan maka perlu adanya strategi yang harus dilakukan, mengingat prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh motivasi belajar dari siswa itu sendiri.Motivasi memiliki peranan yang strategis dalam keberhasilan seseorang.Minat belajar seseorang yang lebih tinggi dapat mengarahkan kemampuan yang dimiliki untuk mengembangkan potensinya, namun lain halnya dengan seseorang yang minat belajarnya rendah cenderung lebih suli dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Seperti kemampuan membaca siswa di kelas 1 MI SalafiyahWaruLorWiradesa masih terbilang rendah dalam membaca karena pondasi dalam pengenalan huruf abjad belum terbangun dengan kokoh sejak dini.Sehingga berakibat pada kemampuan anak dalam membaca masih terbata-bata dan perlu bimbingan dari orang terdekat diantaranya guru, orang tua, teman sebaya dan lingkungan.Dengan pemberian pengalaman sesering mungkin dimana pun anak berada mampu meningkatkan kelancaran anak dalam kegiatan membaca.Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu(1) Bagaimana problematika guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI SalafiyahWaruLor wiradesa?, dan(2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI SalafiyahWaruLor Wiradesa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitiandariproblematika guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dikelas 1 MI SalafiyahWaruLorWiradesa meliputi beberapa factor diantaranya kurangnya minat dan semangat dalam diri anak, kurangnyakerjasamaantara guru dan orang tua dalam membimbing anak belajar membaca serta kurangnya fasilitas yang memadai baik dilingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Sehingga perluadanya strategi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan erbagai cara diantaranya mengkondisikan siswa senyaman mungkin, membangkitkan mood belajar siswa, membangun konsentrasi belajar dengan permainan, membaca nyaring, memberika npujian, memberikan semangat, membiasakan melafalkan huruf bacaan, mengajarkan dengan benda kongkret.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: problematika guru, strategi guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:32
Last Modified: 11 Jun 2021 07:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item