Mubarok, Lutfi (2025) Kontekstualisasi Parenting Qur’ani Dalam Al-Qur’an: Studi Atas Hermeneutika Double Movement. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3121004_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3121004_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3121004_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak akan pola pengasuhan anak yang sesuai dengan nilai-nilai Islam namun tetap relevan dengan tantangan kehidupan modern. Di tengah meningkatnya krisis moral, disfungsi keluarga, dan pengaruh globalisasi yang berdampak pada karakter anak, Parenting Qur’ani menjadi alternatif penting sebagai pola asuh yang berakar pada ajaran Al-Qur’an. Konsep ini tidak hanya mengedepankan aspek spiritual seperti tauhid dan ibadah, tetapi juga nilai-nilai etika, sosial, dan tanggung jawab moral yang integral dalam membentuk karakter anak. Namun, realitas sosial yang terus berubah menuntut agar pemahaman terhadap ayat-ayat AlQur’an tentang pengasuhan tidak dimaknai secara tekstual semata. Oleh karena itu, pendekatan hermeneutika Double Movement yang diperkenalkan oleh Fazlur Rahman menjadi sangat relevan, karena mampu menjembatani makna historis ayat dengan konteks kekinian, sehingga menghasilkan tafsir yang aplikatif dan transformatif bagi dunia parenting Muslim masa kini. Penelitian ini mengangkat dua pertanyaan utama, yaitu: Bagaimana penafsiran ayat-ayat parenting dalam Al-Qur'an? Bagaimana kontekstualisasi penafsiran Parenting Qur’ani dalam Hermeneutika Double Movement? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data primer diperoleh dari kitab tafsir klasik seperti Tafsir at-Thabari, serta karya Fazlur Rahman terkait Hermeneutika Double Movement. Analisis dilakukan melalui dua gerakan: pertama, menelusuri konteks historis ayat; kedua, mengangkat nilai moral universal yang dapat diterapkan dalam kehidupan modern. Fokus kajian diarahkan pada tiga ayat utama, yaitu QS. Taha: 132, QS. Luqman: 12– 19, dan QS. At-Tahrim: 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai parenting dalam Al-Qur’an bersifat universal dan aplikatif, dengan penekanan pada integrasi antara keteladanan, pembinaan spiritual, dan pengawasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Parenting Qur’ani, Al-Qur’an, Hermeneutika, Double Movement, Kontekstualisasi. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |