Yasfika, Khalda Nur (2025) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Membangun Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di MI Walisongo Logandeng Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
KHALDA NUR YASFIKA_2321015_COVER _BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
KHALDA NUR YASFIKA_2321015_FULL TEXT (1).pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text
KHALDA NUR YASFIKA_2321015_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh keberhasilan penggunaan model CTL dalam mata pelajaran IPAS kelas V dalam membangun keaktifan siswa. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS dapat ditunjukkan melalui keaktifan, karena IPAS merupakan pembelajaran yang berorientasi pada kehidupan alam dan sosial siswa. MI Walisongo Logandeng telah berhasil membangun keaktifan siswa V melalui pembelajaran CTL. Keaktifan tersebut ditunjukkan melalui antusias saat mengikuti proses pembelajaran seperti aktif bertanya, berdiskusi, serta dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana implementasi model pembelajaran CTL untuk membangun keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V?, 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan model pembelajaran CTL untuk membangun keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V?. Tujuan penelitian ini adalah 1)untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran CTL untuk membangun keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V, 2)untuk menguraikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan model pembelajaran CTL untuk membangun keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah, Wali Kelas V, dan siswa kelas V, serta dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran CTL di MI Walisongo Logandeng mencakup tiga aspek utama: 1)Tahap perencanaan, guru membuat modul ajar dan menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan. 2)Tahap pelaksanaan CTL melibatkan 5 tahapan antara lain relating, experiencing, applying, cooperating dan trasnfering, yang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif. 3) Tahap evaluasi dilakukan dengan penilaian pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa berdasarkan hasil diskusi dan tugas. Faktor pendukung implementasi CTL meliputi sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari pihak sekolah dan orang tua, serta lingkungan sekitar. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran dan keterlibatan siswa. Dengan demikian, CTL terbukti efektif dalam membangun keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MI Walisongo Logandeng Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), keaktifan siswa, pembelajaran IPAS | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:59 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |