Setiawan, Iwan (2025) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Strategi Open Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Data Dan Diagram Kelas VII MTs Al-Utsmani Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621018_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (908kB) |
![]() |
Text
2621018_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2621018_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Di Indonesia, hasil penelitian dan survei internasional seperti PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2022 menunjukkan bahwa skor matematika Indonesia berada di peringkat 72 dari 78 negara. Hasil studi lainnya dari TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 44 dari 49 negara. Dari hasil studi PISA dan TIMSS tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa di Indonesia masih berada di tingkat yang memprihatinkan. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di Indonesia. Alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended. Diharapkan pembelajaran ini mampu mengakomodasi perbedaan latar belakang, pengalaman, kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dari pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan untuk menjelaskan pengaruh dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan motode quasi experimental design (percobaan semu). Desain penelitian yakni nonequivalent control group design. Popolasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Utsmani Kajen yang berjumlah 130 siswa. pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 67 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTs Al-Utsmani Kajen pada pokok bahasan data dan diagram memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Berdiferensiasi, Open-Ended, Kemampuan Penalaran Matematis | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:42 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |