Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan data dan diagram kelas vii MTs Al-Utsmani Kajen

Setiawan, Iwan (2025) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan data dan diagram kelas vii MTs Al-Utsmani Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621018_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (908kB)
[img] Text
2621018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2621018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasil studi internasional seperti PISA 2022 dan TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih rendah, masing-masing berada di peringkat 72 dari 78 dan 44 dari 49 negara. Kondisi ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif, salah satunya melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended. Pendekatan ini diharapkan dapat mengakomodasi perbedaan latar belakang, kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental (nonequivalent control group design). Populasi penelitian adalah 130 siswa kelas VII MTs Al-Utsmani Kajen, dengan sampel 67 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (34 siswa) dan kelas kontrol (33 siswa), menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil posttest kelas eksperimen. Uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2tailed) = 0,025 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi data dan diagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berdiferensiasi, open-ended, kemampuan penalaran matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:42
Last Modified: 06 Oct 2025 08:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item