IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B 3 DI RA MUSLIMAT NU KARANGDADAP

Ilhamilah, Septi (2025) IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B 3 DI RA MUSLIMAT NU KARANGDADAP. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
bab 1-5 ,,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full text ..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran...pdf

Download (838kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Karangdadap, serta tujuan metode mendongeng sendiri guna menstimulasi kemampuan berbahasa anak usia dini, yang mana belum diketahuinya secara fakta apakah dengan melalui metode mendongeng dapat menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak usia dini, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkajinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode mendongeng untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok B 3 di RA Muslimat NU Karangdadap dan untuk mendeskripsikan problematika serta solusi dalam implementasi metode mendongeng untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak usia dini kelompok B 3 di RA Muslimat NU Karangdadap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas dan orang tua/wali murid di RA Muslimat NU Karangdadap. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Adapun untuk teknik keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi metode mendongeng untuk menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak usia dini kelompok B 3 di RA Muslimat NU Karangdadap meliputi 3 tahapan yaitu yang pertama: pada tahapan pembuka ada guru menentukan tema dan judul cerita, menyiapkan alat peraga, mengkondisikan anak, dan menyampaikan sinopsis isi cerita singkat. Pada tahapan pelaksanaan mendongeng ada mendorong anak untuk merespond pada saat guru mendongeng, dan menerjemahkan kata-kata yang sulit dipahami oleh anak. Yang terakhir ada tahapan penutup ada tanya jawab seputar isi dongeng, dan mendorong anak untuk menceritakan kembali. Adapun problematika dalam implementasi metode mendongeng untuk menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak usia dini kelompok B 3 di RA Muslimat NU Karangdadap ada kurangnya keterampilan guru, kurangnya keterlibatan orang tua, dan perbedaan kondisi dan karakteristik anak. Adapun solusinya yang dapat di lakukan yaitu mengadakan workshop/pelatihan khusus, kolaborasi dengan orang tua dan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mendongeng, Berbahasa, AUD
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:24
Last Modified: 18 Jul 2025 08:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item View Item