Afianti, Fifi Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan QuizWhizzer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621082_BAB I- BAB V FIFI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621082_FULL TEXT FIFI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2621082_LAMPIRAN FIFI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Matematika memiliki peran penting, namun kenyataannya menunjukkan bahwa capaian hasil belajar matematika peserta didik khususnya di tingkat SMK masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran mencakup metode pengajaran, keterlibatan siswa, relevansi materi ajar, serta dukungan lingkungan belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas X SMK Negeri 1 Karangdadap. Beliau menyampaikan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika, terutama karena pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan QuizWhizzer terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Karangdadap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media QuizWhizzer terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 1 Karangdadap pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design), serta menerapkan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X TKL 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan QuizWhizzer, dan kelas X TKL 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran TGT tanpa media. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, dilakukan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil uji hipotesis pada data pretest, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,253 > 0,05,sehingga H₀diterima menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi pembelajaran hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test siswa pada kelas eksperimen mencapai 75,44, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 63,68. Hasil uji t-test pada post-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kemudian hasil nilai t_hitung dan t_tabel pada df 66 menunjukan nilai 4,135 > 1,668, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan QuizWhizzer terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa SMK. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sampel dan mengkaji variabel lain seperti motivasi belajar, keterampilan sosial, atau efektivitas jangka panjang dari penerapan model ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Team Games Tournament, QuizWhizzer, hasil belajar matematika | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Fifi Dwi Afianti | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |