Hidayat, Muhammad Furqon (2025) Peran guru PAI dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat di SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2119242_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
2119242_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2119242_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembentukan karakter religius merupakan tanggung jawab pihak sekolah, orang tua, ataupun masyarakat dengan melalui pendidikan formal maupun non formal. Program salat jumat berjemaah sebagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan, memperkuat keimanan, serta menanamkan nilainilai Islam dalam kehidupan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, peran guru PAI sebagai guru keagamaan sangat penting agar siswa mau dan terbiasa mengikuti program di SMP N 1 Comal yaitu salat Jumat berjemaah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peran guru PAI dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat di SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat di SMP Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang berfokus pada peran guru di SMP Negeri 1 Comal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa peran guru di SMP N 1 Comal dalam pembiasaan melaksanakan salat jumat yaitu guru berperan sebagai pendidik, kemudian peran guru sebagai leader, kemudian guru sebagai motivator, peran guru sebagai dinamisator, serta peran guru sebagai supervisor. Faktor yang mendukung dari jalannya program salat jumat berjemaah yaitu adanya fasilitas yang memadai untuk beribadah, adanya dorongan dari guru agar siswa lebih disiplin saat di sekolah dan adanya dorongan dari orang tua berupa dukungan dalam pelaksaan program salat jumat berjemaah. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan program salat jumat berjemaah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Salat, berjemaah, peran | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:50 | ||||||||
| Last Modified: | 25 Sep 2025 03:54 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
