Fuza, Muhammad Fahmi (2025) Segmentasi Dakwah Majelis Sholawat Babul Musthofa Pekalongan Dalam Menumbuhkan Khoiru Ummah Di Era Disrupsi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3418154_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3418154_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi dakwah dan metode dakwah yang dilakukan oleh Majelis Sholawat Babul Musthofa Pekalongan dalam menumbuhkan khoiru ummah di era disrupsi. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), di mana data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan ketua majelis dan jamaah, serta observasi di lokasi penelitian. Untuk memastikan keakuratan data, proses validasi dilakukan secara cermat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk menyelidiki berbagai masalah sosial dan praktik yang berlaku di lingkungan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majelis Sholawat Babul Musthofa berhasil menerapkan segmentasi dakwah secara komprehensif. Segmentasi demografis menjawab kebutuhan spiritual Gen Z dan Milenial, segmentasi geografis mewujudkan pemerataan dakwah melalui safari maulid ke daerah terpencil, sementara segmentasi psikografis dan perilaku membentuk komunitas spiritual yang relevan dan membumi. Selain itu, penerapan empat metode dakwah bil-hikmah, bil-lisan, bil-qolam, dan bil-hal menunjukkan pendekatan yang holistik, di mana dakwah tidak hanya bersifat verbal dan simbolik, tetapi juga mengakar dalam tindakan nyata dan transformasi sosial. Dengan strategi tersebut, Majelis Sholawat Babul Musthofa tidak hanya menyebarkan ajaran Islam secara teoritis, tetapi juga membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku jamaah yang religius, moderat, dan solutif. Hal ini membuktikan kontribusi nyata majelis dalam membangun khoiru ummah, yakni umat terbaik yang relevan di tengah tantangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Dakwah, Majelis Sholawat, Khoiru Ummah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:58 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |