Peran Guru Bimbingan dan Konseling Islam dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Broken Home Di MTs Sunan Kalijaga Bojong.

Wanti, Tiara Widya (2025) Peran Guru Bimbingan dan Konseling Islam dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Broken Home Di MTs Sunan Kalijaga Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521024_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (628kB)
[img] Text
3521024_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini pada rendahnya kepercayaan diri siswa yang berasal dari keluarga broken home di MTs Sunan Kalijaga Bojong. Siswa broken home mempunyai kondisi keluarga tidak harmonis atau tidak utuh sering menunjukkan masalah seperti kurang percaya diri, menarik diri dari lingkungan sosial, tidak berani mengungkapkan pendapat, serta kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada prestasi akademik dan kemampuan bersosialisasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari guru Bimbingan Konseling Islam untuk mendampingi dan membimbing siswa dalam membentuk kembali rasa percaya dirinya Berdasarkan masalah di atas, maka rumusan masalah dalam Penelitian ini terdiri dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana kondisi kepercayaan diri siswa broken home di MTs Sunan Kalijaga Bojong?, Bagaimana guru Bimbingan dan Konseling dalam membentuk kepercayaan diri siswa broken home di MTs Sunan Kalijaga Bojong. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kepercayaan diri siswa broken home di MTs Sunan Kalijaga Bojong. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kepercayaan diri siswa broken home. Dengan melalui peneitian tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat praktis dan teoritis Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru BK Islam dan empat orang siswa broken home yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa broken home di MTs Sunan Kalijaga Bojong mengalami kepercayaan. Hal ini ditandai dengan sikap menyendiri, malu bertanya di kelas, enggan bergaul, serta rasa takut gagal. Namun, peran guru BK Islam terbukti sangat membantu siswa menghadapi masalah tersebut. Guru BK berperan sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, dan mediator. sesuai dengan teori Tohirin. Melalui layanan konseling individu dan kelompok, guru BK membantu siswa memahami dan menerima diri, mengembangkan pola pikir positif, serta meningkatkan keberanian dalam berinteraksi sosial, serta menanamkan sikap optimis dan bertanggung jawab. Beberapa siswa menunjukkan perubahan positif setelah mengikuti proses bimbingan, seperti lebih berani berbicara di depan kelas, mampu bersosialisasi dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRifa’i Subhi, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Broken Home
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:21
Last Modified: 21 Jul 2025 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item