Karimah, Isyqiy (2025) Efektivitas model pembelajaran brain based learning lerhadap kemampuan literasi matematika siswa MTs darussalam subah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621041_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2621041_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2621041_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Literasi Matematika merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa maupun guru, kemampuan ini membantu dalam memahami, menginterpretasikan, dan mengimplementasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun tingkat literasi matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah dibuktikan dengan hasil PISA 2022. Faktor penyebab rendahnya literasi matematika siswa disebabkan karena siswa tidak dibiasakan untuk mengerjakan soal berbasis PISA yang kontekstual dan menuntut penalaran. Hal ini sejalan dengan hasil pra-penelitian di MTs Darussalam Subah dimana tingkat literasi siswa masih rendah, dimana disebabkan oleh pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, kurang dibiasakan dengan soal yang kontekstual, menuntut penalaran, dan berpikir kritis. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi pembelajaran, dimana model pembelajaran brain based learning dapat menjadi solusi karena pembelajaran ini berorientasi pada siswa, pembelajaran diselaraskan dengan memaksimalkan fungsi otak sehingga belajar lebih bermakna. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Subah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Melalui pembelajaran ini diharapkan pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, menerapkan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 190 siswa dengan pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana setiap kelasnya berisi 33 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran brain based learning mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran. Kemudian dilihat dari hasil uji t dimana t_hitung>t_tabel dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara literasi matematika siswa antara kelas kontrol dan eksperimen setelah adanya perlakuan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran brain based learning efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, Brain Based Learning, Pembelajaran Efektif | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510.1 Philosopy and Theory of Mathematics/Filsafat dan Teori Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:54 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |