Ariani, Reza (2025) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dengan berbantuan media kartu matematika terhadap hasil belajar matematis siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan pada materi matriks. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621078_SAMPUL, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621078_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2621078_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematis siswa kelas XI pada materi matriks di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Pembelajaran matematika yang cenderung bersifat ekspositori membuat siswa kurang aktif dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media kartu matematika sebagai alternatif solusi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong kerja sama antar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI berbantuan media kartu matematika terhadap hasil belajar matematis siswa kelas XI pada materi matriks di SMA Muhammadiyah 01 Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan media kartu matematika dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian meliputi tes essay untuk mengukur hasil belajar matematis siswa. Teknik Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, serta uji independent sample t-test untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86,07 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 78,83. Nilai N-Gain kelas eksperimen juga tergolong lebih tinggi dengan kategori sedang hingga tinggi. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diperoleh nilai t = 4,568, dan angka Sig.(2.tailed) atau Two Sided p = 0,0001 < 0,05 atau H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan melihat peingkatan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 73,28 dan kelas kontrol sebesar 53,98. Dan status kenaikan pada N-gain kelas eksperimen > kelas kontrol, maka kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model TAI berbantuan kartu matematika dan yang tidak menggunakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted individualization (TAI), Kartu Matematika, Hasil Belajar Matematis, Matriks. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:55 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 04:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |