Azizah, Wafiq (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NUMBERED Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII DI MTs Assalafiyah Sitanggal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621089, COVER, BAB 1 DAN BAB 5.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
2621089_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
2621089_ Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Terbatasnya variasi model pembelajaran seringkali menyebabkan siswa kesulitan memahami materi matematika dan cenderung pasif, bahkan dalam diskusi kelompok kooperatif. Kondisi ini mendasari penelitian yang bertujuan menguji pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Tiga rumusan masalah diajukan: 1) pengaruh NHT terhadap peningkatan komunikasi matematis. 2) pengaruh NHT terhadap peningkatan pemahaman konsep. dan 3) pengaruh NHT terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (nonequivalent control group design), dengan siswa kelas VIII sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui instrumen pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan ada uji normalitas, uji homogenitas, uji box’s m, uji independents sample t-test dan uji manova. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,008 untuk komunikasi matematis dan 0,033 pemahaman konsep, dimana 0,008 & 0,033 < 0,05. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep dengan skor rata-rata posttest di kelas eksperimen 32,42 & 36,83 lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 24,23 & 31,62 untuk kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep. Hasil uji MANOVA juga menunjukkan nilai signifikansi 0,028, dimana 0,028 < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil ini menunjukan: 1). terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan komunikasi matematis. 2). terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3). terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa kelas VIII di MTs Assalafiyah Sitanggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Komunikasi Matematis, Pemahaman Konsep Siswa. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Wafiq Azizah | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:04 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |