Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Furqon Kalirandu Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2018-2019

Sodik, Muhammad Ali (2019) Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Furqon Kalirandu Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Upaya guru bahasa Arab di MTs Al-Furqon Kalirandu dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bahasa Arab, diharapkan siswa dapat lebih mudah mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Belajar bahasa Arab di kelas VII (Tujuh) mengalami kesulitan, dikarenakan sebagian siswa belum pernah belajar tentang bahasa Arab di jenjang sebelumnya terutama di SD sehingga siswa mengalami kebosanan ketika kegiatan belajar bahasa Arab. Maka untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, MTs Al-Furqon Kalirandu Petarukan Pemalang menggunakan metode scientific yang sesuai dengan kurikulum 2013. Rumusan Masalah penelitian adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Furqon Kalirandu Tahun Ajaran 2018-2019? (2) Apa saja Problematika Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 di MTs Al-Furqon Tahun Ajaran 2018-2019?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendektan yang dipakai ialah pendekatan Kualitatif, metode pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Furqon Kalirandu sudah dilaksanakan dengan baik dan cukup efektif, proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode scientific. Problematikanya antara lain; latar belakang siswa yang latar belakang sebagian berasal dari lulusan SD, kurangnya sarana dan prasarana di MTs Al-Furqon.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 06:55
Last Modified: 28 Apr 2020 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item