Analisis strategi pemasaran produk sifitri (simpanan idul fitri) di KSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang Pekalongan

Putra, M. Haris Sukma (2020) Analisis strategi pemasaran produk sifitri (simpanan idul fitri) di KSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di dalam dunia perekonomian yang terus berubah seiring berjalannya waktu, tidak dapat dipungkiri adanya persaingan bisnis antar perusahaan untukdapat terus bertahan dalam kondisi perekonomian yang semakin kompetitif. Hal inilah yang menjadi acuan suatu perusahaan untuk terus berusaha melakukan inovasi-inovasi terhadap suatu produk dan jasa yang menjadi pendukung utama keberhasilan perusahaan untuk mampu bersaing. Seiringdengan berkembangnya suatu bisnis yang membuat persaingan menjadi ketat, banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan fasilitas, prasarana, dan berbagai manfaat lainnya kepada pelanggannya. Hal tersebut juga terjadi pada industry perbankan, termasuk perbankan syariah. KSPPS BMT Mitra Umat Cabang Panjang salah satu bank yang juga terus melakukan inovasi-inovasi produk dengan berusaha memenuhi kebutuhan nasabahnya. Aktivitas masyarakat sekarang ini semakin padat, maka KSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang terus mengembangkan produk SIFITRI (SimpananIdulFitri). Strategi ini dilakukan agar SIFITRI (SimpananIdulFitri) diharapkan mampu memberikan solusi dalam meringankan aktivitas nasabahnya dengan memberikan fasilitas dan manfaat untuk memenuhi kebutuhannya, serta dapat bersaing dengan para kompetitor. Tujuandaripenelitianiniadalah (1) Mengidentifikasifaktor-faktor internal daneksternalprodukSIFITRI (SimpananIdulFitri) padaKSPPS BMT MitraUmatcabangPanjang, (2) Menganalisiskekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada pemasaran produk SIFITRI (SimpananIdulFitri), dan (3) Memberikan alternative strategi pemasaran yang tepat untuk SIFITRI (Simpanan Idul Fitri)bagiKSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan pengisian kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, internet, dan literatur-literatur dari perusahaan. Wawancara dan pengisian kuesioner tersebut dilakukan terhadap empat orang yang kompeten di bidangnya Perolehan alternative strategi didapatkan dari matriks SWOT dan untuk memilih strategi yang terbaik dengan Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa kekuatan utama yang dimiliki KSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang adalah citra perusahaan yang baik di mata investor maupun masyarakat, sedangkan kelemahan utamanya adalah masih kurangnya jumlah kantor. Peluang utama bagi KSPPS BMT Mitra Umat cabang Panjang adalah perluasan jaringan perbankan syariah, sedangkan ancaman yang dihadapia dalah semakin banyak BMT di Kota Pekalongan. Alternatif strategi pemasaran yang tepat dalam penelitian ini adalah market penetration strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SimpananIdulFitri, BMT MitraUmat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:12
Last Modified: 14 Jun 2021 07:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item