Penerapan Program Istigāṡah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan

Maghfiroh, Laelatul (2025) Penerapan Program Istigāṡah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321043_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321043_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peranan yang sangat penting di jenjang sekolah dasar, khususnya karakter religius yang harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik sebagai bagian dari upaya membentuk generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Salah satu upaya yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan dalam membentuk karakter religius adalah melalui program Istigāṡah, yakni kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di luar pembelajaran formal sebagai sarana penguatan nilai-nilai spiritual. Rumusan masalah dari penelitian ini : (1) Bagaimana penerapan program Istigāṡah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan program Istigāṡah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan program Istigāṡah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapan program Istigāṡah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program Istigāṡah dalam pembentukan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pekalongan dilaksanakan melalui 3 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Perencanaan mencakup penetapan tujuan pembentukan karakter religius, penyusunan jadwal, pembagian tugas guru, dan penyediaan sarana. (2) Pelaksanaan dilakukan rutin setiap Jumat Kliwon melalui rangkaian doa berjamaah dan makan bersama, yang membentuk karakter keimanan dan ketakwaan, disiplin, akhlak mulia, kebersamaan, serta ketenteraman jiwa peserta didik. (3) Evaluasi dilakukan secara berkala untuk menilai kelancaran, keterlibatan, dan dampak kegiatan. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap adanya faktor pendukung seperti adanya kerja sama antar guru, dukungan orang tua, partisipasi aktif peserta didik, dan ketersediaan sarana prasarana. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya kedisiplinan peserta didik, faktor cuaca, serta bacaan Istigāṡah yang belum sepenuhnya dipahami oleh seluruh peserta didik. Dengan demikian, program Istigāṡah terbukti berkontribusi dalam pembentukan karakter religius peserta didik melalui pendekatan yang sistematis dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Istigāṡah, Pembentukan Karakter, Karakter Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:29
Last Modified: 18 Jul 2025 06:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item