Infiltrasi Dakwah Dalam Komunitas Pendidikan (Studi Pada Program Proyek Kebaikan Sokola Sogan Medono Pekalongan)

Firmansyah, Muhammad Yoga (2025) Infiltrasi Dakwah Dalam Komunitas Pendidikan (Studi Pada Program Proyek Kebaikan Sokola Sogan Medono Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
3421102_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3421102_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
3421102_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis infiltrasi dakwah yang dilakukan melalui program pendidikan nonformal di komunitas Sokola Sogan Medono Pekalongan. Komunitas Sokola Sogan adalah sebuah komunitas pendidikan nonformal berbasis masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan melalui pembelajaran kontekstual, dengan program utama seperti Proyek Kebaikan, literasi anak, kelas seni, dan pendampingan sosial, yang dijalankan secara partisipatif melalui kontribusi relawan, aksi sosial, dan keterlibatan aktif warga sebagai bentuk pengganti biaya pendidikan. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana infiltrasi dakwah dalam program tersebut diterapkan? (2) Apa saja tantangan dan peluang dalam pelaksanaan infiltrasi dakwah melalui program Proyek Kebaikan tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Infiltrasi Dakwah dan Difusi Inovasi sebagai landasan dalam memahami proses penyebaran nilai Islam secara kultural dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Kebaikan merupakan bentuk dakwah bil-hal yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam seperti amanah, tanggung jawab, kepedulian, dan kebermanfaatan dalam aktivitas pendidikan yang kontekstual dan partisipatif. Infiltrasi dakwah dilakukan secara non-konfrontatif melalui tindakan nyata, seperti anak-anak yang membantu pekerjaan rumah, mengajar adik PAUD, hingga mengurangi penggunaan gawai. Tantangan program ini mencakup resistensi terhadap dokumentasi kebaikan dan intensitas pelaksanaan kegiatan, sementara peluangnya terletak pada tumbuhnya jejaring sosial, penguatan karakter, dan penerimaan dakwah secara lebih luas dan organik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan strategi dakwah kultural yang berbasis pendidikan nonformal dan pengabdian masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUKOYIMAH, MUKOYIMAHUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Infiltrasi Dakwah, Pendidikan Nonformal, Proyek Kebaikan, Dakwah Bil-Hal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:26
Last Modified: 18 Jul 2025 06:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14951

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item