Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Teknik Penguasaan Lagu Daerah Dalam Mata Pelajaran Seni Musik Kelas V Sdn Podosugih 01 Kota Pekalongan

Muhibah, Afni Farkha (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Teknik Penguasaan Lagu Daerah Dalam Mata Pelajaran Seni Musik Kelas V Sdn Podosugih 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321037_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (874kB)
[img] Text
2321037_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321037_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas pengajaran di berbagai bidang, termasuk dalam pendidikan seni musik. Khususnya dalam pembelajaran seni musik di tingkat sekolah dasar, penggunaan metode yang sesuai dapat membantu peserta didik memahami serta mengapresiasi lagu daerah dengan lebih baik. Lagu daerah sendiri memiliki nilai budaya yang penting untuk dikenalkan sejak dini guna membentuk karakter dan kecintaan terhadap warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dan mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) . Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada teknik penguasaan lagu daerah dalam mata pelajaran Seni Musik kelas V SDN Podosugih 01 serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada teknik penguasaan lagu daerah dalam mata pelajaran Seni Musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN Podosugih 01. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Penguasaan Lagu Daerah, Seni Musik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:38
Last Modified: 18 Jul 2025 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14970

Actions (login required)

View Item View Item