Peran Organisasi Ippnu Dalam Pemberdayaan Pendidikan Islam Untuk Perempuan Di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang

Risqyana, Riza (2025) Peran Organisasi Ippnu Dalam Pemberdayaan Pendidikan Islam Untuk Perempuan Di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118308_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118308_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2118308_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Islam merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Meski demikian, kesenjangan pendidikan antara laki-laki dan perempuan masih terjadi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya akses pendidikan Islam yang setara bagi perempuan, khususnya di wilayah pedesaan yang masih kental dengan budaya patriarki dan nilai-nilai tradisional yang membatasi ruang gerak perempuan dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran organisasi IPPNU dalam pemberdayaan pendidikan Islam untuk perempuan di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari pengurus dan anggota IPPNU Kecamatan Wonotunggal serta dokumen pendukung kegiatan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IPPNU berperan aktif sebagai fasilitator pendidikan Islam non-formal bagi perempuan melalui berbagai program kaderisasi, pelatihan, serta kegiatan keagamaan dan sosial. IPPNU juga memberikan ruang partisipasi aktif kepada perempuan untuk terlibat dalam kegiatan publik dan pengembangan kapasitas diri. Selain itu, IPPNU turut mendorong kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dan peningkatan peran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran. IPPNU. Pemberdayaan Perempuan.Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:06
Last Modified: 18 Jul 2025 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item